Senin, 29 Oktober 2018

Danbrigif 25/Siwah Pimpin Langsung Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 Tahun 2018


Lhoksukon - Sebagai wujud penghargaan dan penghormatan terhadap momentum bersejarah Hari Sumpah Pemuda dan mengenang kembali nilai-nilai yang terkandung di dalamnya serta untuk membangun semangat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Brigade Infanteri 25/Siwah melaksanakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun 2018, bertempat di lapangan Upacara Mako Brigif 25/Siwah, Blang Aman, 29/10/2018.

Nilai-nilai luhur yang dikrarkan para pemuda Indonesia pada peristiwa bersejarah Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928 adalah nilai-nilai kebangsaan dan sumpah setia, ”satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa, Indonesia”, serta semangat kebersamaan, persaudaraan, persatuan dan kesatuan.

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda, yang dipimpin langsung oleh Komandan Brigade Infanteri 25/Siwah Kolonel Inf Asep Sukarna , ditandai dengan pengibaran bendera merah putih, pembacaan teks Pancasila, mengheningkan cipta untuk arwah para pahlawan dan pendahulu, dan pembacaan pembukaan UUD Negara RI tahun 1945 serta pembacaan do’a.

Selain itu, juga dibacakan putusan Konggres Pemuda-Pemuda Indonesia tahun 1928, yang antara lain berisi kerapatan pemuda-pemuda Indonesia yang diadakan perkumpulan-perkumpulan pemuda Indonesia yang berdasarkan kebangsaan, dengan nama Yong java, Yong Sumatera, pemuda Indonesia, Sekar Rukun, Yong Islamieten Bond, Yong Bataks Bond, Yong Celebes, Pemuda Kaum Betawi dan Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia. Dalam kerapatan tersebut, pemuda-pemuda Indonesia memutuskan bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia, berbangsa yang satu, bangsa Indonesia; dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-90 ini mengambil tema sentral "Bangun Pemuda Satukan Indonesia". Tema besar ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang mampu berkiprah pada zamannya, merawat kebhinekaan, dan tetap teguh mempertahankan NKRI.

"Kita semua berhutang budi kepada para tokoh pemuda 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor untuk terus membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini," demikian cuplikan pidato Menpora yang dibacakan oleh Danbrigif 25/Siwah.



Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang berlangsung dengan tertib dan khidmat. Kemudian dilanjutkan dengan jam Komandan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar